Rapat Kerja FTK UIN Banten Fokuskan Pencapaian Akreditasi Unggul

Geliat.id. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin menyelenggarakan rapat kerja (Raker) periode 2024 di Hotel Mambruk Anyer.

Kegiatan rapat kerja tersebut merupakan program rutin tahunan untuk merencang berbagai program prioritas dalam pengembangan kinerja di lingkungan FTK. Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari dari tanggal 21 s.d 23 Februari 2024 dan dihadiri oleh unsur Universitas, segenap pimpinan fakultas, dan tim asesor internal. Dari unsur pimpinan universitas yang hadir adalah Rektor, Wakil Rektor II, LPM, dan SPI.

Sedangkan dari unsur Fakultas yang hadir adalah Dekan FTK, para wakil Dekan, Kabag TU, para ketua dan sekretaris Prodi, tim gugus mutu fakultas, dan penjamin mutu jurusan, dan tenaga kependidikan.

Rektor UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Prof. Wawan Wahyuddin, M.Pd menyampaikan pesan dalam sambutannya bahwa rapat kerja yang dilaksanakan Fakultas harus berorientasi pada percepatan pengembangan daya saing fakultas. Hal-hal yang berkaitan dengan program-program prioritas perlu disiapkan perencanaannya secara matang dengan konsep yang jelas, khususnya dalam mempersiapkan akreditasi di masing-masing program studi. Jelas Rektor.

Selanjutnya ditambahkan oleh Rektor bahwa faktor lain yang perlu diperhatikan adalah penguatan ekosistem kampus yang inklusif juga sangat penting dilakukan. UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten memiliki tanggung jawab akademik dalam mengedepankan dan membangun ekosistem kampus yang inklusif dan moderat dari seluruh unsur civitas akademik, para pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa. Tambah Prof. Wawan.

Dekan FTK, Dr. Nana Jumhana menyampaikan bahwa rapat kerja fakultas pada saat ini lebih difokuskan pada persiapan akreditasi program studi. Alasan memfokuskan pada persiapan akreditasi program studi menurut Dekan FTK karena pada saat ini tujuh dari delapan program studi fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten akan memulai submit borang akreditasi di tahun 2024.

Dekan FTK menambahkan tema raker tentang yang memfokuskan pada pencapaian akreditasi unggul program studi di FTK menjadi perhatian khusus dari Fakultas, sehingga konsentrasi anggaran dan SDM diprioritaskan untuk persiapan akreditasi.

Meskipun demikian, menurut Dekan FTK bahwa rapat kerja juga tetap membahas program-program strategis terkait isu-isu internasionalisasi pengembangan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sultan Maulana Hasanuddin.